SawaliBlog ini lahir karena dorongan dan semangat semata untuk mendokumentasikan teks-teks bahasa dan sastra yang berserakan di berbagai media sebagai sarana untuk belajar berbahasa dan bersastra Indonesia. Dikelola oleh oleh seorang guru Bahasa Indonesia yang dalam dunia fiksi lebih dikenal dengan nama Sawali Tuhusetya. Lahir di sebuah dusun, 19 Juni 1964, di daerah Kabupaten Grobogan, salah satu di antara 35 kabupaten di Jawa Tengah yang telah tercitrakan sebagai kawasan yang kering, gersang, dan miskin. Sejak kecil telah berminat dan bercita-cita menjadi guru berkat sugesti yang begitu kuat dari guru-guru SD di kampungnya yang sunyi. Selepas lulus SPG (1983) melanjutkan studi ke IKIP Semarang Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (lulus tahun 1988). 1989-1995 mengabdikan diri menjadi guru Bahasa Indonesia di SMA Islam Karangrayung-Grobogan.

Sejak 1995 hingga sekarang menjadi guru di SMP 2 Pegandon, Kendal, Jawa Tengah. Kini, hidup bahagia bersama istri dan ketiga anaknya di sebuah kawasan Perumnas yang sepi. Di sela-sela tugasnya sebagai guru, juga nyambi jadi penulis. Beberapa tulisannya, seperti cerpen, artikel opini, dan esai sastra pernah dimuat di Kompas, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Republika, Suara Merdeka, Wawasan, dan Solopos. Tahun 2003, atas biaya sendiri melanjutkan studi di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (lulus tahun 2005) dengan judul tesis: Karakteristik, Fungsi, dan Latar Belakang Penggunaan Kekeliruan Inferensi Percakapan dalam Novel Belantik. Oleh teman-teman sejawatnya diberi amanat untuk menjadi Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP/MTs Kabupaten Kendal. Selain itu, juga menjadi Ketua Komite Sastra Dewan Kesenian Kabupaten Kendal dan Wakil Ketua Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) Prov. Jawa Tengah. Buku kumpulan cerpennya Perempuan Bergaun Putih diterbitkan oleh Penerbit Bukupop dan Maharini Press (Jakarta, 2008) yang diluncurkan di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, TIM Jakarta, 16 Mei 2008. Peluncuran Kumcer bisa dibaca di sini!

Terima kasih!

Salam Budaya,

Sawali Tuhusetya

15 Responses to “Buku Tamu”


  1. SELAMAT, SEMAKIN MANTAP BRO…

  2. Rica Says:

    boleh dong, kalau ada lomba, pelatihan kita diundang. boleh juga tuh mgmpnya kompak banget, n kegiatannya segudang tuh. bravo.

  3. Zulmasri Says:

    mantap pak. Kapan membahas contreng pak?


  4. Wa….. kereeeeeeen
    Ini dia guru Go Blog……
    saluuuuwwwt


  5. sory om tadi salah tulis email yang bener medio_febri@yahoo.co.id bukan pake .com thanks
    see fabrie.blogspot.com

  6. fitri Says:

    ih..wow, bagus isi blognya nih!!
    wt nambah pengetahuan tentang sastra nih,,
    untuk beli novel korupsi karya pramoedyany di maana ya di jakarta?
    klo mas sendiri ada ga? saya lagi butuh bgt ni, soalny dh sush cari di mana-mana, klo ada tolong infonya ke email saya, terimakasih.

  7. ILYAS AFSOH Says:

    SAYA BANGGA DENGAN KOMITMENT PAK SAWALI TENTANG SASTRA & PERNAK – PERNIK NYA
    ..
    SALAM HORMAT
    ILYAS AFSOH

  8. oki Says:

    Hi…ingin menawarkan pendapatan sampingan melalui jaringan internet
    yang SIMPLE..GAK RIBET..JELAS..LEGAL..TERBUKTI BERHASIL
    Bila anda tertarik menjalankan bisnis ini:
    silahkan kunjungi:

     http://www.bisnis5milyar.com/?id=mahendraoki

    untuk lebih meyakinkan akan kami tampilkan beberapa bukti:
    1.Tingkat keberhasilan suatu bisnis online adalah jumlah pengunjung (traffic)
    Tanpa traffic suatu situs tidak akan dikenal apalagi menjual produknya, sama seperti toko baju yang tidak ada pengunjungnya, bagaimana toko itu bisa menjual produknya.
    Situs ini memiliki tingkat traffic yang tinggi artinya bahwa situs ini banyak dikunjungi, dengan banyaknya pengunjung akan meningkatkan jumlah orang yang mendaftar kepada kita.
    (Untuk membuktikan kunjungi http://www.alexa.com/siteinfo/www.bisnis5milyar.com)
    Akan terlihat situs ini memiliki traffic rank :
    – Urutan ke 75.428 di seluruh dunia
    – Urutan ke 1.087 di seluruh Indonesia
    termasuk yang tertinggi dari semua situs bisnis online yang berhasil kami temukan.
    Hal ini yang akan membuat tingkat keberhasilan yang tinggi bagi Anda menjalankan bisnis di internet jika Anda bergabung dengan situs ini.
    2.Bukti kedua saya lampirkan keberhasilan dari salah satu anggota silahkan kunjungi http://www.bisnis5milyar.com/SCAN_TABUNGAN_HERLINA.pdf

    Click to access B.Tab_Kurniawan_Zein.pdf

Leave a comment