Kita sering menjumpai beberapa kata dalam media massa seperti berikut ini.

1. Apakah arti kata negeri sama dengan negara?
a. Negeri berarti “kota,tanah tempat tinggal, wilayah atau sekumpulan kampung (distrik) di bawah kekuasaan seorang penghulu (seperti di Minangkabau)”.  Kata negeri berkaitan dengan ilmu bumi (geografi). Kata negeri berpadanan dengan kata country (Inggris) atau land (Belanda)

Contoh: pengadilan negeri, sekolah negeri, pegawai negeri
b. Negara berarti “persekutuan bangsa dalam suatu daerah yang tentu batas-batasnya dan diurus oleh badan pemerintah yang teratur”. Kata negara berpadanan dengan kata state (Inggris) atau staat (Belanda). Kata negara digunakan jika berkaitan dengan sudut pandangan politik,pemerintahan, atau ketataprajaan.

Contoh: Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kepala negara, warga negara

2. Samakah arti kata rakyat dan masyarakat?
Kedua kata ini mempunyai arti yang mirip sehingga sering dicampuradukkan dalam pemakaiannya.
a. Rakyat ada kaitannya dengan sebuah negara. Kata rakyat berarti “segenap penduduk suatu negara”. Padanan bahasa Inggris untuk kata rakyat ialah people.
Contoh: Majelis Permusyarawatan Rakyat (MPR), wakil rakyat

b. Masyarakat berkaitan dengan kelompok sosial yang tinggal di suatu wilayah   negara. Masyarakat berarti “sejumlah manusia yang terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama”. Padanan kata masyarakat di dalam bahasa Inggris ialah community.
Contoh : Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), masyarakat pedesaan

3. Apa yang dimaksud dengan Masyarakat Madani?
Masyarakat madani berarti masyarakat yang memiliki peradaban tinggi,santun,menjunjung tinggi norma dan hukum yang berlaku dilandasi penguasaan iman, ilmu pengetahuan,dan teknologi.

Dalam perkembangan kontak budaya “masyarakat madani” digunakan sebagai padanan kata Inggris civil society.
***

Sumber: http://www.indonesia.co.jp/bataone/ruangbahasa13.html