Dibalik?
Oleh Polisi EYD

rony.digitalmediaworks.web.id: Dibalik Cerita Dahyang Sumbi.

Pemakaian kata depan di dan awalan di- yang sering tertukar adalah termasuk kesalahan yang paling banyak dilakukan. Beberapa kesalahan tersebut dapat langsung kita lihat dari kata yang mengikutinya. Misalnya, kata “dipasar” sudah tentu salah karena pasar adalah kata benda sehingga penulisan yang benar adalah “di pasar”. Demikian juga halnya dengan kata “di makan”, sudah jelas salah karena makan adalah kata kerja sehingga kata tersebut seharusnya ditulis “dimakan”.

Namun ada pula kata benda yang dapat diperlakukan sebagai kata kerja, atau yang berubah menjadi kata kerja setelah diberi awalan me- atau di- sehingga penambahan awalan di- ataupun kata depan di tidak bisa serta merta kita nilai kesalahannya tanpa melihat konteks kalimat secara keseluruhan.

Penulisan kata “dibalik”, misalnya, adalah benar pada kalimat “Agar tidak kotor, kertas itu harus dibalik“, tetapi salah pada kalimat “Siapa otak dibalik pembunuhan itu?”.

Andaikan kalimat Fakta Dibalik Ledakan Bom London adalah benar, maka kalimat tersebut bisa kita tulis ulang menjadi Ledakan Bom London Membalik Fakta. Apakah itu yang dimaksud dalam kalimat ini?🙂

Hasil pencarian di Google menghasilkan begitu banyak kesalahan pemakaian kata “di balik”. Dari sekitar 29.300 situs yang muncul, 90 situs pertama yang saya amati menggunakan kata “dibalik” yang salah alih-alih “di balik”.