Di harian Jawa Pos, ditemukan penggunaan kata “diva” seperti pada beberapa kalimat berikut ini.
1. Cantik ala diva? Mau tahu rahasia seorang diva menjaga kecantikannya?
2. Diva pop Hong Kong, Anna Mui meninggal pada usia 40 tahun.

Ketika dicari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata tersebut tidak ada. Hanya ada kata primadona atau maestro. Anda tentu pernah mendengar kata primadona atau maestro, ‘kan?

Kata diva mulai digunakan dalam media massa Indonesia sejak tahun 2002. Kata diva berasal dari bahasa Italia yang berarti, “seorang wanita yang cantik, menarik, memesona dan menjadi pujian”.

Contoh: diva pop
       diva dangdut
       diva sinetron
       diva Indonesia

Selanjutnya, kata primadona juga berasal dari bahasa Italia yang berarti, “wanita utama (first lady)”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata primadona mempunyai beberapa arti: 1. penyanyi wanita utama di pertunjukan opera; 2. pelaku wanita terpenting (dalam film atau pertunjukan sandiwara); 3. gadis (wanita) yang paling cantik, disukai, dikagumi di lingkungannya; 4. paling utama (tentang komoditi).  
Catatan : Kata diva tidak termuat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Dalam makna 3 kata primadona sama artinya dengan diva.

Kata maestro juga berasal dari bahasa Italia, bermakna, “orang yang ahli dalam bidang seni (lukis, tari, musik), olahraga”. Di bidang musik, seperti komponis, konduktor (bukan kondektur bus) atau guru musik. Di bidang film misalnya kita kenal almarhum Akira Kurosawa.

Kalau Anda membaca koran atau majalah dan menemukan kata-kata yang baru, dan tidak terdapat di dalam kamus, sebaiknya dicatat. Kemudian dapat ditanyakan kepada mereka yang mungkin mengetahui arti kata tersebut. Dengan cara demikian, perbendaharaan kosakata Anda akan makin bertambah dan Anda pun tidak ketinggalan dalam pengetahuan kata-kata atau istilah baru bahasa Indonesia.
***

Sumber: http://www.indonesia.co.jp/bataone/ruangbahasa02.html